Jumat, 05 Oktober 2018

Masa SMA vs Kuliah


Sebelum benar-benar menghadapi kuliah yang sebenarnya, yuuuk lihat dulu apa aja sih bedanya masa SMA dan kuliah? 

“Tiada masa paling indah, masa masa di sekolah” nah ini bacanya jangan pakai nada nyanyian yaa teman heheπŸ˜‚  Kalian pasti sering dengar orang bilang “Masa paling indah itu masa-masa di SMA” “ SMA itu asik, seru dan gak terlupakan”, yupss memang benar masa SMA adalah masa yang indah di usia remaja kalian, eitss tapi tunggu dulu ada masa indah lainnya yang siap pada usia “dewasa”, apa itu? Masa yang akan kalian lalui setelah SMA tentunya, yaitu kuliah. Istilah SMA itu adalah sedikit modal untuk kehidupan kuliah, loh kok sedikit? Tenang, jangan pada penasaran.
Disini saya akan membahas perbedaan kehidupan SMA dan kehidupan Kuliah, mulai dari pelajaran di dalam kelas sampai kehidupan sosial yang mengiringi teman-teman nih, simak baik-baik yaaaa

Pelajaran/mata kuliah. Jika di SMA semua mata pelajaran sudah diatur oleh sekolah dan kita wajib untuk mengikuti mata pelajaran tersebut, sedangkan di kuliah beda 180 derajat, di dunia perkuliahan disebut dengan mata kuliah. Mata kuliah ini bebas kita pilih mana saja yang ingin kita ambil di semester tersebut, atau kita ingin milih mata kuliah yang seharusnya kita ambil pada tahun berikutnya. Tapi semua yang kita ambil tersebut memiliki konsekuensinya masing-masing yaaa.

Peran guru/dosen. Guru di SMA yang sangat perhatian dengan siswanya, karena setiap hari pasti diabsen panggil, PR di cek dan ketika ada salah satu murid tidak masuk/bolos. Begitu juga dengan ulangan/ujian dan remidial, jika ada salah satu murid yang belum ujian maka guru akan mencari murid terebut untuk melaksanakan ujian susulan. Sedangkan di kuliah, Dosen tidak peduli sama sekali dengan kita, dalam arti jika kita bolos beberapa kali, tidak ikut ujian, tidak membuat tugas, dosen tidak akan mengambil pusing dengan susah-susah mencari muridnya, intinya di dunia kuliah itu kita sendiri yang membutuhkan dosen dan akan sering mencari-cari dosen, tapi tenang aja itu semua jadi tantang tersendiri untuk kita. Agar terbentuk pribadi yang lebih mandiri, dan siap untuk menghadapi sesuatu didunia kerja nanti.

Unit Kegiatan Mahasiswa/ Ekskul. Setiap SMA pasti memiliki ekskul, namun berbeda dengan ekskul yang ada di kuliah(UKM), ini lebih memiliki variasi kegiatan jadi lebih banyak pilihan bagi minat dan bakat. Mulai dari UKM akademik maupun non akademik seperti BEM, DEMA, UKM musik, olahraga dan masih banyak lagi UKM yang lain di setiap universitasnya.



Buku. saat SMA pasti cuma pake satu buku untuk satu mata pelajaran. Tapi kalau kuliah, biasanya pakai satu buku paket emang juga cuma satu tiap mata kuliahnya, tapi demi menunjang kemantepan pemahaman kalian. Nah, kalian bisa baca-baca buku yang ada di perpustakaan yang sesuai dengan jurusan yang diambil, atau bisa searching di Internet. Tenang aja, kalau kalian ambil kuliah sesuai dengan minat, hal ini tidak akan jadi beban.


Kehidupan sosial. SMA memiliki kurikulum yang mengharuskan kalian berada di sekolah dari pukul  7 sampai 2 siang atau bahkan jam 5 sore bagi yang fullday school. Jam yang tidak felksibel tersebut akan membatasi kehidupan sosial seperti nongkrong dan main yang hanya bisa dilakukan waktu weekend. Sedangkan Kuliah memberikan waktu yang lebih fleksibel, karena jadwal kuliah yang tidak terlalu padat, namun terkadang tugas kuliah dan organisasi cukup menghabiskan waktu, sehingga waktu bermain menjadi berkurang.



ada banyak lagi perbedaan belajar di SMA dengan di Universitas. Tetapi, intiinya kembali kepada diri kita sendiri. Dalam belajar di Universitas memang sangat butuh kesiapan diri sendiri, jika tidak memiliki tanggung jawab, maka kita akan ketinggalan jauh dan dapat merugikan diri kita sendiri. Nah semakin dewasa dalam mengatur hidup, maka dalam menentukan keputusan akan semakin bagus hasilnya. Dunia kuliah memang lebih bebas, namun disini ada tantangannya yaitu bagaimana bisa mengatur waktu untuk  demi masa depan yang lebih baik. Bagi teman-teman yang baru akan memasuki dunia perkuliahan, silahkan dipersiapkan semuanya dengan matang dan jangan lalai dengan kebebasan hidup kalian yaaa hehehe




Sekian dari saya, semoga artikel ini bermanfaat yaa. Jika ada kritk dan saran silahkan isi di kolom komentar yaaa πŸ˜‰

22 komentar:

  1. Terima kasih, artikel ini sangat memotivasi saya untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya.

    BalasHapus
  2. Informasi nya sangat bermanfaat, dan yg pasti kuliah itu tdk seperti yg kita lihat di FTV2

    BalasHapus
  3. wiii artikelnya sangat informatif, khususnya buat anak sma yg baru mau masuk kuliah harus bgt baca ini. ditunggu artikel selanjtunyaa

    BalasHapus
  4. Thanks info nya, semangat nulis nya πŸ‘

    BalasHapus
  5. Warna Tulisannya terlalu kontras dengan backgroun.kalo bisa lebih diberi tambahan lagi untuk pembukanya . Terlalu monoton juga kata katanya . Jadi buat saya gak asik bacanya, tapi btw semangat dan terimakasih buat tulisannya.

    BalasHapus
  6. Terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat untuk sayaaa ;-)

    BalasHapus
  7. terimakasih sangat bermanfaat artikelnya:)

    BalasHapus
  8. Bagus banget artikelnya, terimakasih infonya . Teruskan menulisnya;)

    BalasHapus
  9. Memang sangat berbeda masa sma dan masa kuliah, jadi kangen masa masa sma :(

    BalasHapus
  10. Artikelnya bagus nih Tetap semangat...

    BalasHapus
  11. Wihhh mantapp semangat terussss buat nulisnya yaa!!!

    BalasHapus
  12. Bagus sekali artikelnya, memotivasi ank sma untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan.
    Semangat nulisnya ,ditunggu artikel berikutnya!

    BalasHapus
  13. iyaa bener, beda banget SMA sm kuliah

    BalasHapus
  14. Ingin kembali mengenang masa sma

    BalasHapus
  15. Kerena terimakasih sangat bermanfaat

    BalasHapus
  16. Hmm mantap. Teruskan lanjutkan kak .

    BalasHapus
  17. Hmm mantap. Teruskan lanjutkan kak .

    https://www.facebook.com/KingcuanFP/

    BalasHapus
  18. POKER899 adalah salah satu situs poker online terbaik dan terpercaya. salah satu kunci kesuksesan poker899 adalah pelayanan yang sangat baik kepada para membernya mulai dari keramahan dan kecepatan dalam proses menjadi salah satu pelaynaan spesial yang diberikan poker899. dan kami memberikan pelayanan bonus yang sangat menarik,buruan bergabung bersama POKER899 dan dapatkan bonusnya sekarang juga.

    BalasHapus

Pedoman Tata Ruang dan Perabot Perpustakaan Umum

Tugas Mata Kuliah Tata Ruang Perpustakaan Dosen Pengampu :  Lili Sudria Wenny, M.Hum   TATA RUANG DAN PERABOT DALAM PERPU...