Jumat, 19 Oktober 2018

Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan Islam


Hello 👋
Saatnya kembali lagi nih sama blog saya , bosen gak? enggak dong yaa pastinya hehe 😋 sebelum mengetahui isi dari judul di atas, ketahui dulu yuukkkk pengertian dari implementasi dan manajemen.


Pengertian Implementasi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yaitu pelaksanaan / penerapan. Sedangkan dalam pengertian umum adalah suatu tindakan atau pelaksana rencana yang telah disusun secara cermat dan rinci (matang).

Dalam pengertian Manajemen secara umum adalah sebuah proses untuk mengatur sesuatu yang dilakukan oleh sekelompok orang atau organisasi untuk mencapai tujuan organisasi tersebut dengan cara bekerja sama memanfaatkan sumber daya yang dimiliki.

Pengertian Manajemen pendidikan Islam adalah suatu proses penataan/pengelolaan lembaga pendidikan Islam yang melibatkan sumber daya manusia muslim dan non muslim dalam menggerakkannya untuk mencapai tujuan pendidikan Islam secara efektif dan efisien.

Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan Islam dimulai dari peningkatan standar Sumber Daya Manusia baik berupa pendidik maupun peserta didik dan tenaga kependidikan. Dari Wujudnya peningkatan SDM ini dengan cara melaksanakan standar mutu pendidikan yang telah disusun berdasarkan Prinsip-prinsip Manajemen Mutu Pendidikan. Dengan salah satu syarat untuk meningkatkan manajemen mutu pendidikan yang baik adalah peningkatan pasrtisipasi. Pingingkatan partisipasi yang dimaksud adalah menciptakan lingkungan yang terbuka dan demokratik. 

Untuk konsepsi pendidikan Islam berbasis mutu harus senantiasa mendapat perhatian dan dukungan dari berbagai pihak, diperlukan manajemen yang bermutu dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam yang profesional sebagai jawaban atas problematika tersebut lebih-lebih dalam konteks otonomi pendidikan dewasa ini. Ingin demi peningkatan mutunya berkembang, maka lembaga-lembaga pendidikan Islam perlu dibantu, dibela, diperjuangkan agar mampu hidup dan berkembang.


Sumber : https://tujuhkoto.wordpress.com/2010/06/21/manajemen-peningkatan-mutu-pendidikan-islam/


Artikel lebih lengkap bisa kunjungi http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/kordinat/article/view/8102

10 komentar:

  1. makasih kak. jadi ngerti sekarang tentang manajemen.

    BalasHapus
  2. Terima makasih info ya😊😊

    BalasHapus
  3. Terima makasih info ya😊😊

    BalasHapus
  4. Kalo blogger butu manajemen juga gak ya mbak?

    Jangan lupa kunjungan baliknya ke zonetutorialaem72.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus
  6. POKER899 adalah salah satu situs poker online terbaik dan terpercaya. salah satu kunci kesuksesan poker899 adalah pelayanan yang sangat baik kepada para membernya mulai dari keramahan dan kecepatan dalam proses menjadi salah satu pelaynaan spesial yang diberikan poker899. dan kami memberikan pelayanan bonus yang sangat menarik,buruan bergabung bersama POKER899 dan dapatkan bonusnya sekarang juga.

    BalasHapus

Pedoman Tata Ruang dan Perabot Perpustakaan Umum

Tugas Mata Kuliah Tata Ruang Perpustakaan Dosen Pengampu :  Lili Sudria Wenny, M.Hum   TATA RUANG DAN PERABOT DALAM PERPU...