Rabu, 07 November 2018

Dari JIPERS terbentuklah KIPERS


Apasih kipers ? kepo gak ? hehe pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang kipers nih!! Yuukkkk ah biar tahu dibaca yaaa guyss


Zaman dahulu itu mahasiswa suka membawa kamus untuk mengetahui istilah-istilah yang baru mereka ketahui. Nah disini beda dengan zaman now hehe karena mahasiswa sekarang itu lebih memilih kamus elektronik lewat smartphone dari pada membawa kamus tercetak yang tebal-tebal yakan ? hahaha 😄

Pada civitas akademika FAH UIN Syarif Hidayatullah pastinya tidak asing dengan kata “JIPERS”. Yaaps, JIPERS merupakan kata dari Jurusan Ilmu Perpustakaan. Namun ketika kita mendengar kata “KIPERS”, tentunya akan menjadi sebuah pertanyaan, apakah KIPERS itu singkatan dari Komunitas Ilmu Perpustakaan? Bahkan bisa jadi singkatan dari Kawan Ilmu Perpustakaan?

Ternyata dugaan di atas hampir mendekati sebuah kebenaran. Karena unsur KIPERS yang sebenarnya adalah Kamus Istilah Perpustakaan, jadi yang mendekati kebenaran hanya unsur perustakaannya saja.

KIPERS dibuat oleh Muhammad Azhar Hukama, yang merupakan mahasiswa ilmu perpustakaan FAH UIN Syarif Hidayatullah angkatan 2013. Tujuan pembuatan aplikasi KIPERS ini agar bisa dimanfaatkan oleh khalayak umum maupun kawan JIPERS itu sendiri. 

Dalam kamus ini kosa kata yang dihimpun dalam aplikasi KIPERS secara keseluruhan referensi yang diambil dari kamus istilah perpustakaan (PERPUSNAS RI), dari kamus istilah perpustakaan Universitas Terbuka, buku-buku perkuliahan yang ditulis dosen program studi Ilmu Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah, dan buku kamus istilah perpustakaan dari para ahli bidang keilmuan Ilmu Perpustakaan di Indonesia, seperti Sulistyo Basuki, Lasa HS, Nurhaidi Magetasari dan lainnya. 

Di dalam aplikasi ini tidak hanya terdapat kamus saja loh, kenapa? Biar gak bosen menggunakan aplikasi yang hanya untuk kamus aja tetapi aplikasi KIPERS ini juga menyediakan fitur Quiz KIPERS yang gunanya untuk mengasah pengetahuan mahasiswa Ilmu Perpustakaan. Aplikasi KIPERS ini sangat bermanfaat banget untuk kalian yang ingin mengetahui arti istilah-istilah penting dari setiap mata kuliah yang kalian pelajari dikelas.

Nah disini yang ditunggu-tunggu hehe Bagi teman-teman mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan FAH UIN Syarif Hidayatullah yang belum mengunduh bisa mengunduhnya lewat Google Play Store, aplikasi KIPERS ini baru bisa dinikmati hanya untuk smartphone berbasis Android, untuk smartphone berbasis IOS masih dalam tahap pengembangan. Yuk langsung di download aja ya teman-teman

Terima kasih telah membaca! semoga bermanfaat guys. Dan jangan lupa komen dibawah untuk kritik dan saran 🙏





7 komentar:

  1. Makasih infonyaa. Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Manfaat bgt, terimakasih infonya yaaa

    BalasHapus
  3. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus
  4. POKER899 adalah salah satu situs poker online terbaik dan terpercaya. salah satu kunci kesuksesan poker899 adalah pelayanan yang sangat baik kepada para membernya mulai dari keramahan dan kecepatan dalam proses menjadi salah satu pelaynaan spesial yang diberikan poker899. dan kami memberikan pelayanan bonus yang sangat menarik,buruan bergabung bersama POKER899 dan dapatkan bonusnya sekarang juga.

    BalasHapus

Pedoman Tata Ruang dan Perabot Perpustakaan Umum

Tugas Mata Kuliah Tata Ruang Perpustakaan Dosen Pengampu :  Lili Sudria Wenny, M.Hum   TATA RUANG DAN PERABOT DALAM PERPU...