Sabtu, 24 November 2018

Perpustakaan Unik dibeberapa daerah di Indonesia

Bosen dengan perpustakaan yang gitu-gitu aja. Dalam kesempatan kali ini ,saya akan merekomendasikan perpustakaan unik di beberapa daerah yang ada di Indonesia dan juga akan menjelaskan tentang  sisi lain dari perpustakaan tersebut. Yukkk langsung dibaca aja yaa teman-teman 😉


 Perpustakaan Kafe


Perpustakaan dengan konsep kafe karena perpustakaan yang sangat fleksibel dan di desain santai yang mungkin dengan kombinasi kafe di dalamnya. Selain itu, perpustakaan dengan konsep kafe ini dapat merubah citra perpustakaan yang terlihat lebih serius, tenang, dan tidak membosankan. Pengunjung perpustakaan ini sangat santai saat membaca buku sambil menikmati makanan dan minuman yang tersedia di perpustakaan kafe ini. Perpustakaan kafe ini juga dapat dijadikan sebagai tempat nongkrong yang nyaman untuk berkumpul dengan teman-teman, sahabat dan rekan kerja dan tentunya akan dapat dijadikan untuk meningkatkan minat baca masyarakat. 

Perpustakaan Kontainer



Kontainer-kontainer bekas ini diubah menjadi bangunan perpustakaan yang unik loh, yang menjadikan tempat wisata dan siap menampung setiap pengunjungnya yang mengarungi samudera Ilmu Perpustakaan di kota Batu Malang, Jawa Timur ini loh.

Perpustakaan yang unik ini dinamakan Poligigi dan Taman Baca “Amin”, perpustakaan yang dibangun dari tujuh kontainer ini terpenuhi dengan banyaknya warna. Perpustakaan kontainer tersebut memiliki kurang lebih 6000 koleksi bahan pustaka yang bisa dibaca oleh masyarakat setempat dengan secara gratis. Perpustakaan Amin dibuka mulai pukul 14.00 – 21.00 WIB. Kebetulan letak perpustakaan ini berlokasi di gerbang pintu masuk wahana wisata Jawa Timur Park I. Jadi untuk kalian yang ada di kota malang jangan lupa untuk mampir kesiniii!!




Kereta Pustaka Indonesia


Sebagai salah satu upaya untuk melestarikan sarana perkeretaapian Unit Pelestarian dan Benda Bersejarah PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan perbaikan pemenafaatan, salah satunya dengan merombak gerbong barang yang menjadi Kereta Pustaka Indonesia yang akan dijadikan sebagai gerbong baca dan mobile museum. Gerbong kereta ini dahulunya merupakan kereta rel diesel (KRD) kemudian dirombak menjadi gerbong bagasi. Saat ini gerbong tersebut kondisinya masih layak pakai dan siap operasi. Di dalam kereta ini, pengunjung dapat membaca buku secara nyaman dan juga terdapat foto-foto bersejarah, setiap foto juga dilengkapi sejarah dan informasi mengenai stasiun terkait.


Perahu Pustaka


Sebuah perahu tradisional khas Mandar kembali diangkat kepermukaan sebagai simbol pelestarian tradisi dari budaya lokal di Sulawesi Barat. Perahu yang dibuat khusus ini merupakan swadaya dari komunitas budaya setempat dibantu masyarakat dalam rangka mendukung program pengembangan pendidikan sosial lokal. Sebuah inisiatif bernama Perahu Pustaka diluncurkan untuk menyediakan buku bacaan bagi anak-anak di pulau-pulau kecil di Teluk Makassar, tentunya menambahkan referensi dan informasi baru yang sangat berharga mengenai fungsi pelestarian yang tradisi dalam mendukung edukasi budaya dan kearifan lokal di Sulawesi Barat. Tujuan dibuat Perahu Pustaka ini yatitu untuk orientasikan dan memfasilitasi minat masyarakat umum untuk belajar khusunya tentang budaya dan tradisi Mandar sendiri.


Terima kasih teman-teman sudah berkunjung di blog saya semoga bermanfaat, Jangan lupa komen dibawaahhhhh!!

5 komentar:

  1. Wahhh... Keren ya perpustakaanya
    ..👍👍

    BalasHapus
  2. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus
  3. POKER899 adalah salah satu situs poker online terbaik dan terpercaya. salah satu kunci kesuksesan poker899 adalah pelayanan yang sangat baik kepada para membernya mulai dari keramahan dan kecepatan dalam proses menjadi salah satu pelaynaan spesial yang diberikan poker899. dan kami memberikan pelayanan bonus yang sangat menarik,buruan bergabung bersama POKER899 dan dapatkan bonusnya sekarang juga.

    BalasHapus

Pedoman Tata Ruang dan Perabot Perpustakaan Umum

Tugas Mata Kuliah Tata Ruang Perpustakaan Dosen Pengampu :  Lili Sudria Wenny, M.Hum   TATA RUANG DAN PERABOT DALAM PERPU...