Jumat, 21 Desember 2018

Sejarah terbentuknya Perpustakaan UIN Jakarta

Hii 👋 Saya telah Update tulisan lagi nih, di simak baik-baik yuk... Setiap Universitas pasti punya Perpustakaan. Salah satunya Universitas Islam Negri Jakarta yang memiliki sebuah gedung pusat Perpustakaan untuk civitas akademik UIN Jakarta. Lalu kapan gedung pusat perpustakaan itu didirikan? Bagaimana dengan sejarah gedung pusat Perpustakaan tersebut? Yuk sekarang kita berbagi cerita tentang sejarah gedung Pusat Perpustakaan UIN Jakarta.

Perpustakaan Utama UIN yang lama
Perpustakaan UIN pada awalnya merupakan peralihan nama dari Perpustakaan IAIN Jakarta, yang didirikan seiring dengan berdirinya IAIN  itu sendiri, yaitu sejak berdirinya ADIA (Akademi Dinas Ilmu Agama) pada tanggal 1 Juni 1957. Pada waktu itu kondisi perpustakaan masih sangat  sederhana, hanya terdiri dari satu ruangan dengan koleksi sebanyak 2000 eksemplar, dan hanya dikelola oleh seorang pegawai. Pada awal tahun 1960-1964 Perpustakaan IAIN dipimpin oleh Drs. A. Syadali (beliau adalah Rektor IAIN tahun 1984-1993). Untuk kepemimpinannya perpustakaan sudah mulai dikelola secara lebih sistematis. Koleksi buku diklasifikasi menurut DDC (Dewey Decimal Classification). Di samping itu  sistem peminjaman juga sudah mulai tertib, dan jumlah pegawainya ada 4 orang.

Tahun 1964-1971 Perpustakaan IAIN pada masanya Perpustakaan IAIN banyak menerima sumbangan buku dari berbagai lembaga, khususnya kedutaan Mesir dan Saudi Arabia, sehingga pada Januari 1969 jumlah koleksi menjadi 1.320 judul. Pada tahun 1971-1983 Perpustakaan IAIN ditata lebih teratur dan menempati ruang yang lebih luas (gedung Aula Madya saat ini). Pada masa ini prestasi perpustakaan berhasil diraih, tepatnya pada tahun 1980 Perpustakaan IAIN Jakarta tercatat sebagai perpustakaan perguruan tinggi terbaik se-DKI Jakarta

Pada tahun 1983-1984, perpustakaan IAIN berkembang dengan cukup pesat dan sempat pindah ke gedung baru berlantai tiga di Jl. Kertamukti No. 5 Pisangan Ciputat. Saat ini gedung tersebut menjadi Fakultas Psikologi. Dalam kepemimpinan beliau telah dibentuk Sekretariat Kerja Sama Perpustakaan (SKP) yang anggotanya terdiri dari seluruh perpustakaan IAIN dan STAIN di Indonesia. Dalam SKP ini diubah namanya menjadi Jaringan Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam (JPPTI) yang dideklarasikan di Surabaya pada tahun 2003.


 Perpustakaan Utama UIN yang baru
Periode 1998 hingga 2000 Perpustakaan IAIN kembali pindah ke gedung yang lebih baru yang dibangun di atas tanah eks gedung Sanggar Pravitasari. Dengan demikian lokasi perpustakaan dan kampus menjadi lebih dekat. Dengan berbagai upaya perbaikan telah dilaksanakan, antara lain perbaikan gedung dan perlengkapannya, penerapan sistem otomasi, penerapan sistem kemanan koleksi dengan sensormatic, penambahan jenis layanan seperti warnet, audio visual, dan lain sebaginya. Perpustakaan Utama yang sekarang berubah namanya menjadi Pusat Perpustakaan dikepalai seorang pustakawan yaitu Amrullah Hasbana, S.Ag, SS, MA.

Selain itu Pusat Perpustakaan ada beberapa perpustakaan Fakultas yang tersebar dilingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Perpustakaan Fakultas yaitu merupakan bagian dari sistem pembelajaran di lingkungan fakultas, dan karenanya menjadi basis pembelajaran yang berfungsi sebagai Library and Learning Resources Center (LLRC).  LLRC ini merupakan bentuk implementasi dari kebijakan universitas dalam rangka menjadikan perpustakaan-perpustakaan fakultas sebagai working library yang dapat memfungsikan dirinya untuk memberikan layanan kepada pemakai lingkungan masing-masing Fakultas sehingga kedekatan koleksi akan lebih dirasakan oleh pengguna disamping kebutuhan akan kedalaman informasi pengguna pada masing-masing Fakultas akan dapat diakses dan diperoleh dengan mudah. 

Dalam pengembangan Perpustakaan Fakultas ini sekali lagi merupakan kebijakan strategis Rektor IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun 1998 tentang konsep IAIN dengan mandat yang lebih luas (IAIN with Winder Mandate), yakni meningkatkan dengan adanya standarisasi fasilitas sarana dan prasarana pendidikan di lingkungan IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dalam program kebijakan Rektor tersebut di antaranya adalah mendirikan serta mengembangkan perpustakaan di masing-masing fakultas. Untuk pengembangan perpustakaan di lingkungan IAIN Jakarta dibagi menjadi 3 jenis, yaitu: Perpustakaan Utama sebagai perpustakaan riset, Perpustakaan Fakultas sebagai perpustakaan kerja, dan Perpustakaan Pasca Sarjana sebagai perpustakaan khusus.

Dengan setiap pergantian tahun dan pegantian masa jabatan, perpustakaan UIN Jakarta selalu mengalami tingkat kemajuan dan begitu bisa menarik minat pemustaka untuk datang ke perpustakaan UIN Jakarta.

Untuk pengembangannya terdapat beberapa Perpustakaan Fakultas dilingkungan UIN Jakarta yang berperan sebagai ”working library” (perpustakaan kerja), dimana fungsinya adalah memberikan layanan kepada masing-masing sivitas akademika Fakultas. Perpustakaan Fakultas tersebut antara lain adalah :
  • Perpustakaan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
  • Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora
  • Perpustakaan Fakultas Ushuluddin
  • Perpustakaan Fakultas Syariah dan Hukum
  • Perpustakaan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
  • Perpustakaan Fakultas Dirasat Islamiyyah
  • Perpustakaan Fakultas Psikologi
  • Perpustakaan Ekonomi dan Bisnis
  • Perpustakaan Fakultas Sains dan Teknologi
  • Perpustakaan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
  • Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  • Perpustakaan Sekolah Pasca Sarjana


Sumber : http://perpus.uinjkt.ac.id/
 

4 komentar:

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus
  2. POKER899 adalah salah satu situs poker online terbaik dan terpercaya. salah satu kunci kesuksesan poker899 adalah pelayanan yang sangat baik kepada para membernya mulai dari keramahan dan kecepatan dalam proses menjadi salah satu pelaynaan spesial yang diberikan poker899. dan kami memberikan pelayanan bonus yang sangat menarik,buruan bergabung bersama POKER899 dan dapatkan bonusnya sekarang juga.

    BalasHapus
  3. ijin post ya admin
    Tunggu Apalagi Segera Daftar dan Depositkan Segera Di E D E N S U K S E S . C L U B
    - Minimal Deposit 15.000
    - Bonus New Member 10.000 / 20.000
    - Bonus Next Deposit 5%
    - Bonus Rollingan 0,5%
    - Bonus Refferal 10% (Seumur Hidup)
    REAL PLAYER VS PLAYER

    BalasHapus

Pedoman Tata Ruang dan Perabot Perpustakaan Umum

Tugas Mata Kuliah Tata Ruang Perpustakaan Dosen Pengampu :  Lili Sudria Wenny, M.Hum   TATA RUANG DAN PERABOT DALAM PERPU...